-->

semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Rabu, 21 Oktober 2015

Lazada VS BliBli VS Matahari Mall VS Zalora VS Tokopedia ??

Belanja online akhir-akhir ini makin marak dalam masyarakat kita. Yang dulu sangat anti dengan yang namanya belanja online kini mulai melirik kenyamanan dari kegiatan yang satu ini. Mereka yang dulu sangat takut untuk melakukan transaksi online kini sudah mulai membuka diri bahwa transaksi online kini sudah bukan sesuatu yang mengerikan. Dan ditambah dengan kemudahan belanja yang tidak perlu keluar rumah, tidak perlu macet-macetan, kapanpun bisa dilakukan tanpa ada kata tutup toko dan juga pilihan yang beragam dan lebih lengkap.


persaingan toko online indonesiaHal ini tidak lepas dari banyaknya pilihan yang ditawarkan dari para pelaku bisnis ini. Sebut saja Lazada, Zalora, Tokopedia, Blibli dan masih banyak lagi. Dari masing-masing toko online itupun memiliki kelebihan masing-masing, dari mulai diskon, voucher, bisa dicicil, pengiriman gratis, Cash On Delivery, jaminan barang kembali dan masih banyak lagi. Yang tentu saja membuat para konsumen menjadi semakin terpikat dengan kemudahan-kemudahan tersebut.

Menurut saya pribadi revolusi toko online ini diawali oleh 2 pelopor yaitu, Bukalapak dan Tokopedia. Mereka yang membawa brand baru bahwa belanja online itu AMAN, dengan fasilitas utama yaitu sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Sehingga pembeli tidak perlu takut bahwa uangnya akan raib ataupun takut jika barang pesanannya taidak diantarkan. Kedua toko online ini kemudian menjadi populer mengalahkan tokobagus yang sekarang sudah menjadi olx_co_id. Dimulai dari kedua toko online inilah kemudian penilaian masyarakat tentang belanja online berangsur mulai berubah, bahwa tidak selamanya belanja online itu penipuan. Dan dengan melihat peluang itu, munculah pesaing tokopedia dan bukalapak seperti Lazada, Zalora, Blibli dan Matahari Mall.

Dalam ulasan kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing tokoonline tersebut secara lebih tajam.

LAZADA (lazada.co.id)
persaingan toko online LazadaMerupakan salah satu toko online terbesar saat ini dan teramai jika dibandingkan dengan pesaingnya. Lazada hadir dengan desain website yang profesional dan berkelas. Menjadi salah satu trendsetter dari toko online yang bermunculan saat ini.

Beberapa kelebihan Lazada antara lain:
  • Fitur COD
  • Banyak diskon dan voucher
  • Pengiriman gratis untuk wilayah JABODETABEK dengan berat produk maksimal 6 kg
  • Jaminan barang kembali (ketentuan berlaku)
  • Aman (jaminan baarang akan dikirim)
  • Navigasi toko yang mudah
  • Banyak sekali variasi produk yang ditawarkan
Kekurangan :
  • Ongkos kirim mahal. Untuk normalnya misalnya jika dibandingkan dengan JNE per kg hanya sekitar 16 ribu untuk Jakarta-Jogja. Di Lazada Ongkir mencapai 25 ribu untuk kategori yang sama.
  • Produk yang ditawarkan diklaim sebagai produk asli. Padahal jika dibandingkan dengan toko offline sebut saja Sport Station (untuk kategori sepatu), kualitas bahan masih dibawahnya. Walaupun dari segi penampilan masih terlihat sama. Dan tentu saja dari sisi keawetan pasti akan berbeda, karena pembeli tidak bisa komplain masalah keawetan kepada Lazada karena awet tidaknya suatu produk hanya bisa dinilai setelah produk dipakai dalam kurun waktu tertentu.
  • Proses pengembalian barang yang ribet. Jika produk yang dikembalikan ditolak oleh pihak Lazada, maka ongkos kirim akan dikenakan pada pembeli. Ini berarti pembeli harus membayar 2 x ongkir.

    Update LAZADA : Share Pengalaman Belanja - Merk Berbeda Antara Kemasan Dan Isi
diskon lazada



ZALORA (zalora.co.id)
persaingan toko online Zalora
Zalora menurut saya hampir sama dengan Lazada namun Zalora hanya berfokus pada produk fashion saja.
Beberapa kelebihan Zalora :
  • Fitur COD
  • Banyak diskon dan voucher
  • Pengiriman gratis uuntuk pembelian di atas 250 ribu
  • Jaminan barang kembali (ketentuan berlaku)
  • Aman (jaminan baarang akan dikirim)
  • Navigasi toko yang mudah
Kekurangan :
Menurut pengalaman pribadi saya:
Saya pernah membeli sepatu dari Zalora, dengan merk Diadora dengan harga yang ditawarkan Rp.214.000,- . Karena saat itu ada promo voucher 100 ribu dengan syarat: pembelian harus dilakukan dari aplikasi dan minimal pembelian 300 ribu, maka saya menambah produk dalam keranjang belanjaan saya dengan jam tangan 100 ribuan. Nah, saya memakai voucher yang ditawarkan tersebut dan akhirnya saya emndapat tagihan 223 ribu untuk sepasang sepatu dan juga 1 buah jam tangan.
Barangpun datang kira-kira 4 hari dari hari pemesanan dan saya menggunakan pembayaran COD. Karena waktu itu saya tidak dirumah, istri saya yang menerima kedua barang itu. Sore hari ketika saya pulang dari kantor, saya langlung mencoba sepatu Diadora itu dan ternyata ukuran 42 yang biasanya saya pas bahkan kadang cenderung longgar, untuk sepatu ini terasa sangat ngepres dikaki saya. Saya pun beranggapan bahwa “Ah mungkin nanti juga melar, jadi bisa sedikit lega di kaki”. Namun, setelah beberapa hari saya pakai ternyata sepatu ini semakin terasa tidak nyaman, solnya keras. Akhirnya saya putuskan untuk menjual saja sepatu ini. Dan singkat kata sepatu tersebut terjual lewat olx dengan harga 190 ribu.
Setelah itu, saya pun berusaha mencari lagi sepatu sneaker yang saya inginkan ke toko offline. Kali ini ke SPORT STATION. Langsung karena rasa penasaran saya, saya ambil sepatu Diadora, cari ukuran 42 dan saya coba. Dan?? PASSS SLEBB... Rasanya pun lebih empuk daripada sepatu yang kemarin saya beli dari Zalora, tetapi harganya pun lebih mahal 100 ribu daripada Zalora. Seketika terlintas pertanyaan dalam hati saya, jadi apakah produk yang dijual di Zalora itu palsu??? Silakan Anda jawab sendiri...

BliBli (blibli.com) dan Matahari Mall (mataharimall.com)
persaingan toko online Bliblipersaingan toko online Matahari Mall
Kedua pendatang baru ini mungkin masih belum setenar pesaingnya, namun 1 fitur yang ditawarkan menurut saya cukup kompetitif yaitu bisa dicicil dengan bunga 0%. Jadi dengan pembelian cash maupun cicil pembeli tetap mengeluarkan jumlah uang yang sama. Untuk kelebihan lain mungkin hampir sama dengan pendahulunya. Namun kekurangan 2 toko online ini adalah produknya yang kurang begitu lengkap, mungkin karena iklan yang dilakukan masih belum sekeras Lazada, sehingga para distributar atau pun pedagang juga belum begitu berminat untuk memasukkan dagangan mereka ke 2 toko online ini. Bahkan untuk Matahari Mall barang yang Anda pesan bisa di ambil dari cabang Matahari Dept. Store terdekat.

Tokopedia (tokopedia.com)
persaingan toko online tokopediaTokopedia masih sudah agak berbeda dengan toko online yang sudah kita bahas di atas. Tokopedia murni sebagai perantara saja antara pedagang dan pembeli. Kegiatan kirim barang, diskon, voucher dan sebagainya 100% dilakukan oleh pedagang. Sehingga tokopedia tidak bertanggung jawab atas adanya keterlambatan pengiriman dan sebagainya. Hal itu akan terlihat sebagai catatan buruk pedagang sehingga memberikan reputasi yang kurang baik bagi pedagang.
Berikut ini kelebihan Tokopedia:
  • ada fasilitas tanya jawab antara penjual dan pembeli, sehingga pembeli bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang produk yang akan dibeli, yang mungkin belum tertulis dalam deskripsi produk
  • komentar dan review lebih bisa dipercaya. Hal ini karena orang yang memberikan komentar dapat terlihat statusnya di Tokopedia, apakah dia pengguna lama atau pengguna baru. Jika komentar didominasi oleh pengguna baru, maka bisa jadi itu adalah fake comment
  • banyak pilihan harga, untuk produk yang sama biasanya akan ada beberapa supplier yang menjual barang tersebut. Nah ini adalah keuntungan bagi pembeli untuk memilih harga terbaik
  • harga cenderung lebih murah dari pada pesaing di atas
  • jasa pengiriman bisa pilih sesuai budget dan kebutuhan kita (lebih murah dari Lazada)
  • bisa mendapat relasi baru, karena kita bisa berkomunikasi langsung dengan user lain di sana
Mungkin itu yang terlintas dalam otak saya tentang kelebihan Tokopedia, mungkin nanti akan saya update lagi.
Dan berikut ini beberapa kekurangan Tokopedia menurut saya:
  • tidak ada diskon voucher dan sebagainya
  • foto yang ditampilkan tidak sesuai dengan dagangan
    untuk poin ini sepertinya perlu pembahasan khusus. Jadi, karena memang banyak produk KW yang dijual di sini. Kebanyakan pedangang menampilkan gambar yang bukan produk mereka, namun gambar produk asli. Padahal kita pasti sepakat bahwa untuk jual beli online, calon pembeli hanya memiliki kesempatan untuk menilai kualitas barang dari foto. Jika fotonya saja banyak yang tidak cocok, lantas bagaimana calon pembeli memberikan penilaian? Akhirnya calon pembeli pun dengan agak ragu membeli produk itu dan baru tahu bahwa barang yang dikirim tidak sama dengan tampilan gambar.
    Jadi MOHON bagi penjual di tokopedia, atau admin tokopedia yang membaca artikel ini, untuk 'be gentle' menampilkan produk Anda apa adanya. Boleh saja menampilkan yang asli ketika dipakai public figure namun harus tetap menyertakan foto dagangan Anda yang sesungguhnya.
  • ada oknum pedangang yang mengklaim produknya asli / original padahal KW
  • foto yang dipajang tidak sama dengan barang yang dikirim
Namun menurut saya ini bukan kesalahan dari Tokopedia, hanya ulah dari beberapa oknum penjual yang ingin bermain curang saja. Namun hal ini bisa dideteksi dengan selalu melihat histori toko tersebut, apakah banyak komentar buruk atau baik.
Bukalapak (Bukalapak.com)
Bukalapak hampir sama dengan Tokopedia baik secara kekurangan maupun kelebihannya, hanya saja platform tokopedia saya rasa lebih disukai oleh pengguna internet dengan navigasi yang lebih mudah dan tata letak yang menarik. Itu pendapat subjektif dari saya. Selain itu mungkin, website bukalapak sedikit lebih berat dari pada tokopedia.
Dari segi HARGA, bukalapak masih kalah dibandingkan dengan tokopedia. Untuk produk yang sama, tokopedia lebih sering unggul dalam masalah harga. Hal ini bisa disebabkan penjual yang terdaftar di tokopedia adalah penjual tangan pertama dan di bukalapak adalah kebanyakan reseller.

Mungkin Anda bertanya? Di mana Kaskus dan Olx??
Kaskus dan olx merupakan pemain lama, mereka sudah memiliki pangsa pasar tersendiri yang tidak tercuri oleh lazada dan teman-teman barunya. Maksudnya begini:
Kaskus
persaingan toko online kaskusKaskus sebenarnya adalah website yang berbasis forum, bukan toko online. Jual beli yang terjadi di Kaskus merupakan efek domino dari traffic yang berlimpah. Kebanyakan jual beli yang masih eksis dan akan terus eksis menurut saya adalah jual beli barang-barang yang sulit dicari dipasaran. Barang-barang ini hanya eksis di dalam komunitas tertentu, misalnya komunitas motor vespa, memperjual belikan sparepart vespa yang mungkin sudah langka. Dan semacam itulah. Hal ini tidak bisa dijumpai di lazada dan teman-teman barunya. Dengan backing traffic yang melimpah, bahkan tertinggi dari semua toko online yang kita bahas, rasanya kaskus masih akan tetap menjadi peringkat atas dalam persaingan toko online ini.
Untuk keamanan, kaskus mungkin sedikit tertinggal dari para pendatang baru. Pasalnya, tidak ada fasilitas dari kaskus yang menjembatani transaksi antara penjual dan pembeli. Namun, ada beberapa alternatif untuk mengatasi hal ini, yaitu menggunakan jasa rekber. Prinsipnya sama seperti beli di tokopedia dan lain-lain, pembeli transfer dana ke rekber, rekber konfirm, penjual kirim barang, pembeli terima barang dan konfir ke rekber, rekber meneruskan dana ke penjual. Namun, hal ini berbayar, fee biasanya dijatuhkan pada pembeli. Hal ini yang sudah menjadi gratis bila kita berbelanja di toko online pendatang baru.
Selain rekber Anda bisa juga cek histori dari penjual, reputasi dan sebagainya yang bisa menjadi indikator apakah penjual itu aman atau tidak.
Olx
Olx juga memiliki pasar yang khusus yaitu jual beli barang bekas yang tentu saja tidak akan bisa dijumpai di tokoonline yang lain. Namun, olx belum memiliki sistem seperti lazada yang memberikan fasilitas perantara pembayaran secara gratis. Sehingga saya pribadi sangat menyarankan sekali untuk melakukan transaksi COD jika Anda ingin membeli barang dari olx. Rasanya tidak bijak jika Anda memaksakan membeli barang bekas tanpa melakukan cek fisik secara langsung dan hanya melalui gambar via internet.


Itulah sedikit review pribadi saya, mengenai beberapa toko online yang sedang ramai persaingan akhir-akhir ini. Sebagai pembeli Anda harus tetap berhati-hati dengan segala kemungkinan yang terjadi. Bijaklah dalam memilih, harga yang terlampau murah bisa menjadi tanda tanya??? Dan merupakan indikator kita untuk lebih waspada.

Terakhir berikut saya tampilkan persaingan traffic dari toko online yang sudah kita bahas tadi
persaingan toko online traffic
Dari gambar di atas maka jika dilihat dari tingkat keramaian traffic, urutannya sebagai berikut:
1. Kaskus (update 10 Maret 2016 - traffic Kaskus dihitung total dari forum sehingga tidak murni FJB)
2. Lazada
3. Tokopedia
4. Olx
5. Blibli
6. Zalora
7. Matahari Mall
Oke,, sekian artikel saya semoga bermanfaat.

Lazada VS BliBli VS Matahari Mall VS Zalora VS Tokopedia ?? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

20 komentar:

  1. sore mas
    kalo boleh tau, data global rank tsb bersumber dari mana ?
    untuk kelengkapan data skripsi saya

    mohon di respon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore,
      DAta tersebut berasal dari alexa
      web http://alexa.com

      Hapus
  2. Untuk FJB kaskus kayaknya kurang deh buat ane

    BalasHapus
  3. Iya gan, urutan yg saya tampilin itu cuma jumlah visitor aja, padahal kaskus kan ada trafic buat forum juga
    Akan segera update
    Thanks

    BalasHapus
  4. Nice info gan, kebetulan saya punya niatan untuk buka toko online di situs situs tersebut. Terima kasih atas referensi dan informasinya.

    BalasHapus
  5. Siap gan.
    Semoga sukses dengan toko onlinenya

    BalasHapus
  6. Thanks infonya...kebetulan saya mau buka toko online tp msh bingung dmn n bedanya apa.. Skrg sy uda punya gambaran mau buka dmn...

    BalasHapus
  7. hati2 aja beli di lazada. gak semua penjualnya jujur. ada yang penipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener gan,, itu juga berarti gak semua penjualnya bohong,, ada yg jujur...

      Hapus
    2. Tampilan website masing masing toko online pasti berbeda, dan relatif untuk kemudahannya, seperti halnya saya dah terbiasa bertransaksi dengan BUKALAPAK tentu labih familiar daripada TOKOPEDIA. satu hal lagi dengan BLBLI, yang menarik bagi saya disana adanya pemberian point baik berbelanja, login, dan share produk yang bisa ditukar nanti dengan voucher selain gratis ongkir seluruh indonesia.

      Hapus
  8. Kebanyakan untuk produk tertentu di Tokopedia menggunakan gambar/foto iklan (bukan foto asli dagangannya)
    Saya membeli 2 lampu drl di Tokopedia dengan 2 tempat berbeda, dan harga yang berbeda, di Toko A harga lampu sekitar 27 ribuan di Toko B harga lampu drl sekitar 24-27 ribuan, namun barang yang dikirim di toko A lampu sudah mati 2 titik tetapi dengan harga yang sedikit mahal di banding toko B, ketika barang Toko B saya bandingkan dengan Toko A. Barang Toko B lebih unggul yaitu tidak ada yang ccd dan hasil cahaya lebih terang, tidak seperti toko B yang hasilnya redup. Saya sendiro sekarang ini menjadi pembeli sekaligus pedagang di Tokopedia. Lebih dari 10 Transaksi saya berhasil tetapi 2 diantaranya mengecewakan karena setelah retur barang yang di dapatkan seperti tidak di tukar. Dan hasilnya tetap sama. Sering kali saya ingin mencoba membeli barang di Lazzada dengan harga yang tidak wajar yaitu sangat murah, tetapi ketika saya lihat di internet, konsumen Lazzada banyak yang kecewa.

    BalasHapus
  9. Zalora sangat direkomendasikan untuk belanja online, barangnya juga asli. Pengalaman saya beli sepatu Nike Air Max juga mereka jamin keasliannya dan setelah saya cek emang asli, dan perbaikan jam tangan yg rusak Zalora juga tanggung jawabnya cepat dan cukup responsif terhadap konsumen.
    Untuk memastikan barang yg dijual di olshop palsu, gak ada salahnya buat bandingin harga di toko lain atau bahkan toko resmi misal nike store atau website adidas atau sport station, selain itu kita juga harus tau ciri2 barang asli tersebut supaya gak ketipu barang kw.

    BalasHapus
  10. Mendingan belanja di lazada aja , brangnya asli okkkeeeeeee ....

    BalasHapus
  11. Kalau menurut saya belanja di matahari mall juga tidak mengecawakan.

    BalasHapus
  12. Pernah membeli camera mini di lazada, 2 iklan dengan judul/merek berbeda dengan harga selisih hampir 100% (2 kali), ternyata barang yang datang sama.penjual yng bernaung dibawah lazada banyak yg integritas rendah dan oportunis.mental kurang jujyl penjual kita memang merusak reputasi penjualan online.

    BalasHapus
  13. Belanja Di Zalora - Selalu Aman Dan Asli. Pengiriman Tercepat Yang Saya Rasakan Adalah Di Zalora.
    Belanja Di Lazada - Alhamdulillah Belum Pernah Dapet Yang Tidak Sesuai Harapan Karena Slalu Memperhatikan Rating Dan Komentar. Dan Potongan Harga Juga Lumayan. Tapi Kurang Puas Sama Packingnya
    Belanja Di Tokopedia - Kurang Suka Sama Foto Produk Yg Bukan Real Pict. Tapi Alhamdullilah Belanja Aman
    Belanja Di MatahariMall - Alhamdullilah Dapetnya Yang Original-Segel Tanpa Cacat Sedikitpun.
    Belanja Di Alfacart - Suka Sama Pelayanannya Yang Bisa Di Ambil Di Alfamart Terdekat
    Belanja Di dinomarket - Aman, Asli, Discount Gede Tapi Jarang wkwk
    Belanja Di yes24 - Barang Bagus, Yang Dari Luar Negeri Juga Bisa Dibeli, Pengiriman Cepat, Respon Cepat. Tapi Packingnya Kurang Aman, Walaupun Barang Sampai Dengan Selamat.

    BalasHapus
  14. Jelas lebih baik
    TOKOPEDIA fiturnya lengkap, meskipun takut juga itu barang asli atau KW

    BalasHapus