-->

semua info tentang bisnis online, blog, software dan internet

Kamis, 10 Maret 2016

Persaingan Harga (Termurah) Di Tokopedia, Bukalapak dan Lazada

Anda pasti sudah tidak asing dengan ketiga toko online yang saya sebut dalam judul post ini kan? Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Mereka bisa dibilang adalah wajah baru dari evolusi belanja online di Indonesia. Dengan pelayanan dan fitur yang ditawarkan semakin baik mere

ka bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam hal belanja online.
Namun, tentunya hal paling dicari oleh customer adalah harga murah kualitas oke. Anda setuju? PASTI!! Dan apakah Anda tahu bahwa ada beberapa barang atau produk yang sama yang dijual di ketiga TO (toko online) ini dengan harga yang berbeda – bahkan jauh berbeda. Oke Mari kita bahas lebih lanjut.

LAZADA

toko online termurahLazada merupakan platform yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kedua TO lain yang sedang kita bahas. Lazada menghandle semua transaksi dari pengiriman, packing, transfer dan sebagainya sampai pesanan di tangan konsumen.
Lazada mengklaim bahwa produk yang mereka tawarkan adalah adalah produk original. Sehingga sudah pasti jika harga yang ada di Lazada akan lebih mahal daripada Tokopedia atau Bukalapak. Namun, untuk keaslian produk yang ditawarkan oleh Lazada sampai sekarang saya pribadi masih belum 100% yakin apakah itu benar.
Sedikit sharing tentang pengalaman saya belanja di Lazada untuk produk sepatu, saya membandingkan dengan produk yang dipajang di outlet terkenal Sport Station, saya merasakan bahwa sepatu yang di outlet tersebut terasa lebih nyaman saat dipakai. Walaupun jika dinilai dari segi tampilan saja memang sama. Namun semua terserah Anda bagaimana menilainya.
Selain dari segi harga produk yang tinggi, Lazada juga terkenal memiliki ongkir (ongkos kirim) yang tinggi. Ironis memang jika dilihat bahwa ongkir untuk kawasan Jadetabek adalah GRATIS. Namun untuk pelanggan di luar wilayah tersebut harus menanggung biaya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jasa pengiriman JNE, POS atau Tiki.

TOKOPEDIA

toko online termurah
Tokopedia lagi-lagi menjadi favorit belanja saya jika menilai dari segi harga, Tokopedia memiliki banyak varian pedagang yang mana memiliki perbedaan harga untuk produk yang serupa. Untuk hal kualitas, Anda perlu waspada dengan tampilan display produk. Jangan terbuai dengan tampilan display yang bagus namun belum ada review sama sekali dari pembeli, sebaiknya hindari transaksi dengan toko ini.

Tips : 

Sort / urutkan pencarian Anda dengan pilihan Penjualan atau review, dengan demikian produk dengan penjualan/review terbanyak akan tampil yang paling atas. Sehingga Anda bisa menilai apakah produk tersebut bagus atau buruk dari review para pembeli.
Lalu jika Anda pernah membeli produk dan mendapati bahwa produk tersebut tidak sesuai dengan deskripsi penjual maka jangan sungkan untuk memberikan review buruk, hal ini bisa membantu calon pembeli yang lain untuk menilai produk secara objektif. Selain itu, penjual juga akan semakin bersaing untuk meningkatkan kualitas produk mereka. Dan ini bisa menjadi keuntungan bagi pembeli.

Untuk ongkir, kebanyakan pedagang menggunakan jasa JNE untuk mengirimkan produk mereka sehingga pembeli bisa memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sampai saat ini Tokopedia masih menjadi yang termurah dari Lazada dan Bukalapak.

BUKALAPAK

Bukalapak kebanyakan adalah reseller dari pedangang di Tokopedia sehingga dari segi harga pasti akan lebih tinggi dari produk di Tokopedia. Namun begitu masih banyak orang yang belum menyadari hal ini sehingga Bukalapak masih bisa bersaing dengan Tokopedia.
Jika Anda memperhatikan saat Anda browsing produk di kedua toko ini, Anda akan mendapati beberapa display produk yang sama dengan harga yang berbeda dan kebanyakan harga di Bukalapak adalah yang lebih tinggi.


Itulah sedikit review pengalaman saya pribadi tentang pemilihan harga termurah dari 3 toko online terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Persaingan Harga (Termurah) Di Tokopedia, Bukalapak dan Lazada Rating: 4.5 Diposkan Oleh: D.Priyanto

0 komentar:

Posting Komentar